Awalan me- yang Berubah

Admin - Fri, Feb 21, 2020 10:56 PM

Halo teman-teman, sadarkah kamu? Bila kita menambahkan imbuhan me- pada suatu kata dasar, maka umumnya terjadi satu perubahan, pada bentuk kata dasarnya atau pada bentuk imbuhannya. Misalnya kata dasar pangkas, setelah ditambahi dengan imbuhan me- kata ini lantas berubah jadi memangkas, dan bukan menjadi mepangkas. Kata catat, jadi mencatat dan bukan mecatat. Sementara kata dasar langkah, tetap saja jadi melangkah setelah ditambahi awalan me-. Mengapa ya, bisa begitu?

Perubahan itu sebenarnya ada kaitannya dengan kemudahan dalam pengucapan. Bunyi yang sulit dihasilkan dalam percakapan sehari-hari cenderung akan dipermudah oleh penggunanya. Oleh karena itu dalam penggunaan awalan me- kata dasar umumnya mengalami sejumlah penyesuaian. Namun ada pula yang tidak.

Imbuhan me- dan kata dasar sama-sama tidak akan mengalami penyesuaian bila kata dasarnya berawalan l, m, n, r, w, atau y. Misalnya:

melawan
memaki
menilai
merawat
mewawancara
meyakini

Imbuhan me- akan berubah menjadi men- jika diikuti kata dasar yang berawalan c, d, j, t, atau z. Misalnya:

mencapai
menjadi
mendidik
menerka
menzarah

Imbuhan me- akan berubah menjadi meng- jika diikuti kata dasar yang berawalan vokal (a, i, u, e, o) atau huruf g, h, dan k.

mengarak
mengidap
mengulang
mengekor
mengolok
menggandeng
mengharap
mengorek

Imbuhan me- akan mengalami penyesuaian menjadi mem- jika diikuti kata dasar yang berawalan b, f, p, atau v.

membakar
memfitnah
memikul
memvaksin

Imbuhan me- juga akan mengalami penyesuaian menjadi meny- jika diikuti oleh kata dasar berawalan s.

                menyuling
                menyingkir
                menyayat

Jadi mudah diucapkan, kan? Sebagai imbuhan, awalan me- juga bisa dikombinasikan dengan berbagai akhiran loh, seperti -i dan -kan. Mau tahu lebih jauh. Yuk, coba cek di sini.




Pintu Video